Selasa, 19 Juli 2011

Di Twitter, Tifatul Menambah 286 followers Setiap Hari

Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring selama ini dikenal sebagai salah satu politisi yang aktif di dunia maya. Sebagai menteri yang bertugas di dunia maya, dia termasuk "menteri interaktif". Melalui akun Twitter dan Facebook-nya, dia kerap menerima hujan kritik, bahkan kecaman. Pemilik akun @tifsembiring itu beberapa kali memantik kontroversi luas akibat tweet-nya.

Semua "pengorbanan" itu rupanya tak sia-sia. Eksistensi Tifatul di dunia maya berhasil menempatkan mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera ini menjadi politisi Indonesia paling populer di jagat maya. Berdasarkan catatan statistik situs Famecount.com, Tifatul berada di peringkat 24 jajaran politisi dunia yang paling populer di jejaring sosial.

Situs Famecount mencatat, hingga Selasa pagi, 19 Juli 2011, Tifatul memiliki 207.264 fans di Facebook. Sedangkan di Twitter, dia memiliki 237.495 followers. Di Facebook, Menteri Tifatul tercatat menambah 53 fans per hari, sedangkan di Twitter, 286 followers bertambah setiap harinya.

Kepopuleran Tifatul sebagai politisi di dunia maya Indonesia mengalahkan pendiri Partai Gerindra Prabowo Subianto, yang berada di urutan 110. Dari jajaran politisi Republik, hanya mereka berdua yang masuk di jajaran 120 besar politisi terpopuler di dunia maya.

Tifatul belum bisa dimintai komentarnya soal ini. Saat dihubungi VIVAnews, telepon selulernya diangkat oleh stafnya, yang menyebut Tifatul sedang ada rapat.

Meski demikian, Tifatul belum menjadi politisi Asia Tenggara yang paling populer di Twitter. Catatan Famecount memperlihatkan Tifatul masih kalah pamor oleh mantan Perdana Menteri Thailand Abhisit Vejjajiva dan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak.

Peringkat pertama dipegang oleh Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Selama ini, Obama memang dikenal sangat aktif di dunia maya. Bahkan, akun Twitter Obama sudah resmi diumumkan tim suksesnya sebagai media kampanye dalam pemilihan calon presiden AS pada tahun 2012 mendatang. (kd)

VIVAnews

..........TERKAIT..........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...