Kamis, 14 Juli 2011

Unduh Profesor Samaun Samadikun: Sang Petani Silikon Indonesia

Buku ini disusun untuk mengenang sosok Bapak Prof. Dr. Samaun Samadikun yang wafat pada tanggal 15 November 2006. Kita mengenal Pak Samaun sebagai pribadi yang hangat, santun, lembah manah, sederhana, dan suka menolong mereka yang membutuhkannya. Di balik kesederhanaannya tersebut, Pak Samaun memiliki prestasi, pemikiran, dan karya yang luar biasa. Banyak yang menganggap beliau sebagai “Bapak Elektronika Indonesia” dan salah seorang penggagas “Bandung High – Tech Valley”.


Semula Ibu Roesdiningsih Samaun Samadikun hanya meminta bantuan untuk menyusun buku sederhana untuk mengenang Pak Samaun bertepatan dengan acara 100 hari wafatnya. Namun mengingat pribadi dan karya-karya Pak Samaun yang begitu besar, maka diusulkan agar buku tersebut dapat disusun secara lebih baik dan lengkap, dengan memaparkan pemikiran-pemikiran dari karya-karya beliau yang telah dijalani selama lebih dari 40 tahun, baik di tingkat nasional, regional maupun internasional. Usulan tersebut diterima oleh Ibu Samaun dan mendapat dukungan penuh dari Bapak Kepala LIPI, Prof. Dr. Umar Anggara Jenie, M.Sc.,Apt. dan seluruh jajaran Pimpinan LIPI. Melalui surat keputusan Kepala LIPI No. 162/A/2007 tertanggal 28 Maret 2007, dibentuk Tim Penyusun Buku Kenangan Prof. Dr. Samaun Samadikun. Bapak Kepala LIPI berkenan mengirim lebih dari 50 surat undangan permintaan sumbangan tulisan kepada rekan-rekan kerja, teman, bekas mahasiswa, dan keluarga Pak Samaun. Sebanyak lebih dari 40 sumbangan tulisan telah diterima oleh Tim Penyusun, antara lain berasal dari ITB, LIPI, AIPI, DRN, BPN, Diknas, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, The Habibie Center, Keluarga, dan beberapa rekan wartawan yang sangat mengenal beliau.

Di samping sumbangan tulisan dan sambutan-sambutan, dalam buku ini dikemukakan riwayat hidup, perjalanan karier dan peran serta kiprah Pak Samaun yang belum terdokumentasi, yang berhasil ditelusuri baik dari berkas-berkas yang berada di LIPI, maupun yang berada di rumah beliau di Jakarta dan Bandung. Dari penelusuran tersebut tersusun riwayat hidup dan perjalanan karier Pak Samaun yang rinci, baik dalam bentuk narasi maupun dalam bentuk Daftar Riwayat Hidup. Sedangkan sejumlah karya tulis telah berhasil ditelusuri dan dapat dihimpun dalam “Daftar Karya Tulis”. Materi karya tulis yang ada telah disusun dalam sebuah CD dan dalam buku ini disajikan rangkumannya. Buku ini juga dilengkapi dengan album foto kenangan dari kegiatan dan kiprah Pak Samaun di berbagai bidang, baik di tingkat nasional, regional, maupun internasional.

Silakan unduh di sini. Semoga bermanfaat dan teruslah berbagi.

..........TERKAIT..........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...