Selasa, 08 November 2011

INGIN MEMBELI WAKTU AYAH

Ada ungkapan yang menyatakan "Tidak ada waktu luang dalam hidup ini. Yang ada adalah meluangkan waktu"!!

Berkaitan dengan itu, marilah sejenak menghikmahi kisah berikut ini:

Bocah kecil itu menemui ayahnya yang kecapaian karena kerja. Sebab, dari pagi hingga sore, ia mengontrol berbagai proyeknya. Ia tidak punya waktu untuk tinggal di rumah, selain untuk makan dan tidur.

Bocah itu pun berkata, "Ayah, kenapa ayah tidak lagi mau bermain denganku dan bercerita kepadaku? Aku sangat merindukan cerita-cerita ayah dan ingin bermain dengan ayah. Bagaimana bila hari ini ayah bermain sebentar denganku dan bercerita satu kisah saja kepadaku?"

"Anakku, aku tidak punya waktu untuk bermain. Karena, aku memiliki pekerjaan dan waktuku sangat berharga," jawab ayahnya.

"Berilah aku satu jam saja dari waktu ayah, karena aku sangat merindukan ayah."

"Anakku, aku bekerja dan berjuang untuk kalian. Dan waktu satu jam yang engkau inginkan agar aku habiskan bersamamu itu, bisa aku pakai untuk mendapatkan penghasilan tidak kurang dari 100 ribu. Jadi, aku tidak punya waktu untuk sesuatu yang sia-sia. Ayo, pergilah dan bermainlah bersama ibumu."

Hari demi hari berlalu, dan kesibukan sang ayah semakin bertambah. Suatu hari bocah itu melihat pintu kantor ayahnya terbuka, sehingga ia pun masuk menemui ayahnya dan berkata, "Ayah, berilah aku 5 ribu."

"Untuk apa? Setiap hari aku kan sudah memberimu lima ribu. Ayo, pergi sana. Aku tidak akan memberimu apa-apa sekarang."

Si anak pun pergi dengan perasaan sedih. Sementara, sang ayah duduk sembari berfikir tentang apa yang dilakukannya terhadap anaknya tadi. Ia pun memutuskan untuk pergi ke kamar anaknya, demi menghiburnya dan memberinya uang lima ribu.

Bocah kecil itu sangat gembira menerima uang tersebut. Kemudian bocah itu langsung menuju ranjangnya dan membuka bantalnya. Ia pun mengumpulkan uang yang ada di bawahnya dan mulai merapikannya. Lima ribu rupiah tadi untuk melengkapi jumlah uangnya.

"Ayah, sekarang ambillah uang 100 ribu ini dan berilah aku waktu 1 jam dari waktumu," ujar bocah yang polos itu.

[Diadaptasi dari buku "Mausu'ah al-Qashash al-Mu'atsirah", karya Ahmad Salim Baduwailan]

..........TERKAIT..........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...