Minggu, 27 November 2011

Video Gurita Iseng Berjalan-jalan di Darat

San Francisco - APA jadinya jika seekor gurita tiba-tiba keluar dari air dan berjalan-jalan di darat? Pengelola Taman Air Laut Fitzgerald Marine Reserve di San Mateo County Park, California, benar-benar dibuat kerepotan oleh gurita iseng ini.

Gurita-gurita itu kadang melompat dari jala di sebuah penangkaran dan kemudian merangkak di lantai untuk bersembunyi. Kerap pula mereka menghilang dan ditemukan di karpet sepanjang rak buku, di teko teh, dan di dalam akuarium ikan lain. "Ini benar-benar aneh," kata Alexa Warburton, peneliti di Middlebury College.

Frekuensi jalan-jalan sang gurita itu, kata Warburton, terhitung mengkhawatirkan. "Kau akan mengejar mereka di bawah tangki, bolak-balik seperti kau mengejar seekor kucing," katanya.

Nah, baru-baru ini sebuah keluarga merekam perilaku iseng binatang yang tergolong pintar itu di Fitzgerald Marine Reserve yang terletak 40 kilometer dari San Fransisco tersebut. Rekaman keluarga yang tengah berlibur itu kemudian diunggah ke YouTube dan mencatat lebih dari empat juta pengunjung.

Pada awalnya, gurita kecil itu masih berenang di air laut. Lalu ia bergerak menepi dan tiba-tiba mendongakkan kepalanya ke atas air. Setelah itu dengan santainya ia mengangkat kaki-kakinya ke daratan.

Acara jalan-jalan binatang yang secara harfiah hidup di laut itu pun dimulai. Ia berkeliling melewati pelbagai benda di pantai dan seperti tampak mendekati keluarga itu sebelum akhirnya kembali mencari air dan nyemplung lagi.


REUTERS I YR

..........TERKAIT..........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...