Senin, 08 September 2014

M. Quraish Shihab Menjawab Pertanyaan Anak tentang Islam

Rasa ingin tahu anak-anak yang luar biasa seringkali menghasilkan berbagai pertanyaan yang tidak terduga bagi orang dewasa. Pertanyaan yang mungkin sederhana, namun tidak sesederhana itu untuk menjawabnya.

Melalui buku ini, M. Quraish Shihab berusaha untuk menjawab beberapa pertanyaan anak-anak tentang Islam. Pertanyaan yang dikumpulkan oleh Sekolah Cikal Jakarta ini dipilih dan dikelompokkan menjadi sembilan bagian. Dalam sembilan bagian itu, penulis menjawab pertanyaan anak tentang: Allah; Nabi dan Rasul; Al-Quran; Malaikat, Jin, dan Setan; Hari Kiamat dan Kehidupan Akhirat; Shalat; Puasa dan Haji; Doa dan Fiqih; Islam dan Hubungan Sosial.

Tidak selalu mudah menjawab pertanyaan anak-anak. Kita harus terlebih dahulu memahami jawaban dari pertanyaan itu sendiri, kemudian menjelaskannya dengan konsep yang dapat diterima dengan nalar dan pemahaman mereka. Di sisi lain, tentunya penting untuk menjawab pertanyaan mereka dengan jelas dan tepat, agar pemahaman yang benar terbentuk sejak dini.

Dalam buku ini pun, penulis mengakui kesulitannya dalam merumuskan jawaban sederhana yang kiranya bisa memuaskan rasa ingin tahu anak-anak. Walau demikian, jawaban-jawaban yang ditulis dalam buku ini akan sangat membantu para guru dan orangtua khususnya, sebagai pegangan untuk menjawab pertanyaan para murid dan anak mereka.

“Kalau kita meninggal, pulangnya ke mana? Apa benar ke rumah Allah? Kalau benar, di mana rumah Allah?”; “Bagaimana bentuk Allah?”; “Apakah benar setan dan iblis itu ada?”; “Malaikat itu siapanya Allah sih?”. Lebih banyak dari pertanyaan-pertanyaan polos khas anak-anak semacam ini akan ditemukan dalam buku ini. Perlu diakui, sebagian dari pertanyaan tersebut bisa jadi luput dari pikiran kita. Sehingga membaca buku ini, selain dapat membantu menjawab pertanyaan anak, sekaligus juga menambah pemahaman pembaca dewasa akan wawasan keislaman yang mendasar tapi kerap terlupakan.

Judul Buku: M. Quraish Shihab Menjawab Pertanyaan Anak tentang Islam
Penulis: M. Quraish Shihab
Penerbit: Penerbit Lentera Hati
Tahun: Cetakan Pertama, Maret 2014
Volume: xv + 172 halaman/ 15 x 23 cm
Jenis Cetak: Hard cover/ Bookpaper
ISBN: 978-602-7720-19-0
Harga: Rp. 84.000





..........TERKAIT..........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...