Kamis, 31 Maret 2011

Presiden Venezuela Hugo Chavez Dianugerahi Penghargaan Jurnalisme di Argentina

TEMPO Interaktif, La Plata - Presiden Venezuela Hugo Chavez diberi penghargaan oleh sekolah jurnalisme Argentina pada hari Selasa atas kontribusinya terhadap "komunikasi populer."

Sejak berkuasa pada tahun 1999, Chavez telah mempolarisasi negaranya dan lawannya mengatakan ia telah melakukan kritik diam dengan menolak untuk memperbarui lisensi televisi kritis dan puluhan stasiun radio.



Chavez, musuh paling vokal Washington di Amerika Latin yang sering menyebut Amerika Serikat sebagai "kekaisaran," merujuk pada banyaknya kritik harian dan ejekan ke pemerintah sebagai bukti pluralitas di negerinya sendiri.

"Panjang umur kebebasan berpikir ... turunkan hegemoni," kata Chavez saat menerima hadiah dari departemen komunikasi sebuah universitas negeri, La Plata University.

Dia mengatakan kepada ratusan mahasiswa bahwa Venezuela mempromosikan "dinamika baru komunikasi dan kebebasan informasi populer dari media diktator kaum borjuis, dan kekaisaran."

Presiden Argentina Cristina Fernandez, salah satu sekutu terdekat Chavez di Amerika Selatan, dan almarhum suaminya, mantan Presiden Nestor Kirchner, bertemu sebagai mahasiswa hukum di Universitas La Plata pada 1970-an.

Universitas itu adalah tempat tumbuhnya aktivis kiri selama kediktatoran militer Argentina 1976-1983 dan hadiah yang diberikan kepada Chavez ini dinamai Rodolfo Walsh, seorang wartawan dan penulis yang dibunuh oleh agen-agen keamanan di tahun 1977.

John Dines, seorang profesor di Columbia University's School of Journalism di New York mengatakan, kontroversi atas hadiah itu mengungkapkan ide-ide yang berbeda tentang kebebasan pers di Amerika Latin.

REUTERS | ERWIN Z


..........TERKAIT..........

1 komentar:

  1. Segera Daftar di Zeusbola
    Dapatkan Bonus Yang Menarik!
    Deposit Murah!

    INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607


    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...