Senin, 21 Februari 2011

Inilah Fakta tentang Saif al-Islam Gaddafi, Sang "Putra Mahkota" Libya

REPUBLIKA.CO.ID, Salah seorang putra orang kuat pemimpin Libya, Moammar Gaddafi, adalah Saif al-Islam Gaddafi. Ia diberi tugas membela pemerintah ayahnya dalam pidato televisi Ahad malam setelah kerusuhan terburuk dalam empat dekade pemerintahan Gaddafi.


Ia menuduh kubu oposisi mengobarkan kekerasan dan menjanjikan sebuah dialog mengarah pada reformasi.

Berikut adalah fakta tentang Saif al-Islam Gaddafi:
  • Tahun lalu New York Times menjulukinya sebagai "wajah ramah Barat-Libya dan simbol harapan untuk reformasi dan keterbukaan." Pria 38 tahun ini meraih PhD dari London School of Economics. Ia secara luas dianggap sebagai pembuka ekonomi Libya.
  • Saif al-Islam membantu memimpin pembicaraan dengan pemerintah Barat yang dalam 10 tahun terakhir. Ia juga dianggap andil membuat Libya meninggalkan senjata nuklir dan mengakhiri dekade isolasi sebagai musuh Barat, juga membuka jalan bagi investasi besar-besaran di sektor minyak.
  • Saif al-Islam bentrok dengan publik terkait proposal untuk reformasi. Beberapa analis percaya kubu oposisi mendapat dukungan dari saudara-saudaranya, Mutassim, seorang penasehat keamanan nasional, dan Khamis, pemimpin militer senior. Pada bulan Desember, ia mengambil langkah yang tidak biasa menolak permusuhan keluarga dengan saudara-saudaranya.
  • Pertentangannya dengan konservatif telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir. Dua puluh wartawan bekerja untuk Al Ghad, sebuah grup media yang telah terkait dengan dia, ditangkap. Pimpinan grup media itu turun dan surat kabar andalannya berhenti terbit.
  • Sebagian besar pengaruhnya adalah melalui posisinya sebagai kepala lembaga amal. Akhir tahun lalu badan amal mengatakan menarik diri dari politik, dan jabatannya sebagai ketua sedang dibuat menjadi peran kehormatan.
Red: Siwi Tri Puji B
Sumber: Reuters


..........TERKAIT..........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...