Sabtu, 25 Desember 2010

Muslim Michigan Bantu Umat Kristen Miskin Saat Natal

MICHIGAN--Selama 20 tahun terakhir, ratusan orang Yahudi lokal secara sukarela pada Natal membantu umat Kristen miskin merayakan hari rayanya. Tetapi karena 25 Desember jatuh pada hari Sabtu tahun ini - hari beribadah bagi orang Yahudi - masyarakat Muslim di kota itu menggantikannya. Mereka bahu-membahu di dapur umum menyiapkan makanan.

The Council of Islamic Organizations of Michigan dengan 400 relawan berharap dapat membantu ribuan kaum miskin Michigan. Hari Jumat, kaum Yahudi akan menyiapkan segala keperluan Natal. Pada hari Sabtu, umat Muslim meneruskannya, termasuk membagikan makanan dan hadiah bagi kaum Kristen miskin.

Sebetulnya, ini bukan kali pertama mereka bekerja sama. Tahun lalu, masyarakat Yahudi mengundang komunitas Muslim untuk membantu menyiapkan keperluan Natal untuk pertama kalinya. Kemitraan Itu berlanjut tahun ini, dengan beberapa Muslim membantu pada malam Natal, juga.

Micki Grossman (kiri) seorang Yahudi dan Gigi Salka (kanan) seorang Muslim
bersama menjadi relawan membantu umat Kristen miskin rayakan Natal.
"Kami kini memiliki banyak kontak, dan kami pun memiliki pemahaman yang lebih baik," kata Freya Weberman, 51 tahun, dari Huntington Woods, yang bergabung dengan Dewan Hubungan Komunitas Yahudi Metro Detroit memberikan mainan di Detroit hari ini.

Gigi Salka, 41, seorang Muslim dari Bloomfield Township yang anak-anaknya juga akan menjadi relawan menyatakan siap membantu Natal. "Islam mengajarkan berbuat baik pada siapa saja," ujarnya.

Baginya, berinteraksi dan menempa hubungan dengan orang-orang dari berbagai latar belakang adalah bagian dari kehidupan sehari-harinya.

"Teman-temanku dari semua tradisi keyakinan yang berbeda," kata Salka. Pada tingkat individu, "Ini adalah bagaimana Anda mengubah hati dan pikiran, serta koneksi pribadi."

Menurutnya, jumlah Muslim yang bersedia untuk terlibat dalam kegiatan sosial ini juga bertambah. Jika tahun lalu hanya 60 Muslim yang membantu 900 relawan Yahudi, maka tahun ini jumlahnya berlipat menjadi 400 orang.

"Kami memiliki banyak kesamaan," kata Micki Grossman, seorang aktivis Yahudi. "Mari kita mencari kesamaan daripada perbedaan."

Victor Begg dari Bloomfield Hills, co-pendiri dewan Islam yang membantu untuk memimpin upaya relawan mengatakan, "Ini adalah bagian dari upaya masyarakat kita untuk menjembatani kesenjangan."

Red: Siwi Tri Puji B
Sumber: Detroit Free Press

..........TERKAIT..........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...