Rabu, 29 Desember 2010

Sstt... Gubernur Hawaii akan Buka-Bukaan Tentang Sertifikat Lahir Obama

REPUBLIKA.CO.ID, HONOLULU--Publik Amerika serikat seolah tak lelah berpolemik soal kepala negaranya. Mulai dari agama sang presiden, hingga sertifikat kelahirannya. Kubu Republik tampaknya tak yakin Obama adalah betul kelahiran Amerika.

Penegasan datang dari Gubernur Hawaii, Neil Abercrombie. Ia mengaku akan segera melakukan buka-bukaan soal kelahiran Presiden Barack Obama dan menghilangkan teori konspirasi bahwa ia lahir di tempat lain.

Abercrombie adalah teman orang tua Obama dan mengenalnya sejak obama masih seorang anak, dan sangat terganggu oleh upaya untuk meragukan kewarganegaraan tokoh Demokrat yang menenagi pemilu presiden 2009 ini.

Gubernur yang baru terpilih itu akan meminta kantor jaksa umum melakukan upaya untuk mengakhiri pertanyaan tentang dokumentasi kelahiran Obama yang lahir pada 4 Agustus 1961.

"Dia memiliki persahabatan dengan orang tua Obama, dan sehingga dia tahu banyak tentang masa lalu Presiden," kata juru bicara Donalyn Dela Cruz. "Apakah akan segera dilakukan? Tidak, hal pertama pada daftar kami adalah perbaikan ekonomi."

Tidak jelas apa yang bisa dilakukan Abercrombie karena hukum privasi Hawaii telah lama melarang pelepasan sertifikat kelahiran kepada siapapun tanpa alasan jelas.

Sebelumnya Pejabat Kesehatan Hawaii mengatakan tahun lalu dan pada tahun 2008 bahwa Obama lahir di Kapiolani Maternity and Gynecological Hospital in Honolulu. Namun banyak yang skeptis dan menyatakan Obama kemungkinan lahir di Kenya, kampung ayahnya.

Jumlah permintaan untuk informasi kelahiran Obama meningkat bulan ini saat keluarga Obama siap untuk liburan di Hawaii. Departemen Kesehatan telah menerima 27 permintaan untuk informasi kelahiran presiden bulan ini pada Kamis lalu, naik dari 16 permintaan dari November, kata juru bicara Janice Okubo.

Hampir semua pencari informasi akte kelahiran berasal dari Amerika Serikat daratan, dan jarang berasal dari warga Hawaii, katanya.

Red: Siwi Tri Puji B
Sumber: AP

..........TERKAIT..........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...