Rabu, 08 Juni 2011

Otak Anak Saat Kelas Tiga SD Berubah

Jakarta - Penelitian baru dari Stanford University yang diterbitkan dalam jurnal NeuroImage menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah meningkat dari siswa kelas dua ke kelas tiga. Hal ini diduga terkait dengan perubahan di otak.

Para peneliti percaya bahwa perubahan otak ini merupakan hasil dari keterampilan yang diperoleh anak-anak di sekolah, walaupun studi itu tidak menunjukkan sebab dan akibat.

"Dia menjawab dua pertanyaan tentang bagaimana otak meningkat dan bagaimana anak-anak memperoleh pengetahuan baru," kata Vinod Menon, ahli saraf di Stanford University School of Medicine.

Para peneliti melihat pada 90 anak. Separuhnya baru saja menyelesaikan kelas dua dan setengah lainnya baru saja selesai kelas tiga. Mereka berusia tujuh hingga sembilan tahun. Mereka tidak masuk ke sekolah yang sama.


Para peserta memiliki kecerdasan normal dan mencetak nilai antara 25 dan 98 per seratus dalam penalaran matematika. Siswa kelas tiga cenderung memiliki kemampuan penalaran matematika yang lebih baik dan sekitar satu tahun lebih tua dari anak kelas dua.

Mereka menemukan bahwa otak siswa kelas tiga merespons secara berbeda daripada siswa kelas dua ketika melakukan perhitungan tertentu.

Para peneliti memberi mereka soal penambahan sederhana dan kompleks. Dalam perhitungan sederhana, salah satu angka ditambahkan dengan 1. Untuk masalah yang lebih sulit, mereka menambahkan angka antara 2 dan 9 untuk angka antara 2 dan 5.

Secara umum, siswa kelas tiga lebih akurat pada soal matematika dari kelas dua, tapi masih belum 100 persen.

Sementara otak murid kelas dua memperlakukan tugas-tugas ini serupa, siswa kelas tiga menunjukkan respons otak yang berbeda untuk masalah yang sederhana dan sulit. Anak-anak yang lebih tua menunjukkan keterlibatan yang lebih besar dalam sistem otak yang berhubungan dengan representasi kuantitas dan berkaitan dengan memori kerja.

Otak siswa kelas tiga juga menunjukkan "cross-talk" atau transfer sinyal lebih besar di sepanjang jalur yang berhubungan dengan informasi antara dua daerah dan membantu dengan lebih efisien pemecahan masalah numerik.

"Mudah-mudahan pada titik tertentu kita akan mampu menerjemahkan dan menggunakan informasi ini untuk memeriksa anak-anak dengan dyscalculia dan ketidakmampuan belajar yang terkait," kata Menon.

Tidak ada bukti yang cukup secara spesifik, tetapi gagasannya adalah bahwa pencitraan otak bisa menginformasikan intervensi pendidikan untuk anak-anak. "Mengenal bagian-bagian otak yang terlibat dalam pengembangan keterampilan matematika anak-anak dapat membawa pada tutor atau paradigma kognitif lain untuk anak-anak dengan ketidakmampuan belajar," kata Menon.

Langkah selanjutnya adalah mengikuti masing-masing anak selama masa sekolah untuk melihat bagaimana otak mereka merespons tanggapan. Para peneliti juga melihat pada anak-anak dengan autisme dan cacat perkembangan lain untuk menguji respons otak mereka dalam pemecahan masalah.

CNN | ERWIN Z

..........TERKAIT..........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...