Minggu, 19 Juni 2011

Messi Pemain Bola Berpenghasilan Terbesar

Lionel Messi melengkapi predikat pesepak bola terbaik dunia dengan status sebagai pesepak bola berpenghasilan terbesar. Tapi, penghasilan bintang Barcelona itu ternyata tidak ada apa-apanya dengan bintang dari olahraga top dunia lainnya.
--------------------------------------

MUSIM 2010-2011 menjadi musim kejayaan Messi. Striker 23 tahun Argentina itu tidak hanya mengantarkan Barcelona menjadi yang terbaik di Spanyol (Liga Primera) dan Eropa (Liga Champions). "Si Kutu", sebutan Messi, mempertahankan predikat sebagai pemain terbaik sejagat.

Prestasinya di lapangan hijau itu pun berbanding lurus dengan urusan materi. Sepanjang musim 2010-2011 atau setahun terakhir, Messi meraup sedikitnya 28,2 juta pounds (Rp 390 miliar). Itu dihasilkan Messi baik dari gaji, bonus, iklan atau sponsor, maupun fee penampilan.

Jumlah penghasilan Messi itu dirilis oleh Fortune 50. Yakni, daftar 50 atlet terkaya dunia yang dirilis majalah olahraga mingguan terkenal asal Amerika Serikat (AS), Sports Illustrated. "Penghasilan Messi naik sekitar Rp 13 miliar dibandingkan musim sebelumnya (2009-2010)," demikian keterangan dari Sports Illustrated.

"Dengan kontrak yang berlaku progresif, penghasilan Messi sudah pasti akan bertambah besar setiap musim. Apalagi jika dia mampu mempersembahkan gelar untuk tim maupun meraih gelar individu," tambahnya.


Tapi, sekalipun penghasilannya bertambah, peringkat Messi dalam Fortune 50 justru turun satu setrip atau kini menduduki peringkat ketujuh. Penghasilan Messi masih kalah jauh dengan urutan teratas yang dihuni pegolf AS Tiger Woods dengan Rp 568 miliar. Di peringkat kedua juga dimiliki pegolf AS lainnya, Phil Mickelson, dengan Rp 546 miliar.

Messi juga harus mengakui kekayaan bintang dari cabang olahraga lain. Di antaranya Roger Federer (tenis), Manny Pacquiao (tinju), Fernando Alonso (Formula 1), dan LeBron James (basket). Bahkan hanya ada dua bintang lapangan hijau dalam daftar sepuluh besar.

Selain Messi, ada pesaingnya dalam berburu gol di Liga Primera musim lalu, Cristiano Ronaldo. Bintang Real Madrid itu persis berada di bawah Messi dengan selisih pemasukan Rp 44,3 miliar. Setelah kedua bintang Liga Primera, menyusul striker Manchester United Wayne Rooney (tapi hanya menghuni peringkat ke-18 dengan Rp 260 miliar).

David Beckham yang masih menduduki pesepak bola terkaya dunia berbagai versi, juga tidak meraup banyak pemasukan setahun terakhir. Kocek pemain yang merumput di Los Angeles Galaxy itu hanya bertambah Rp 238 miliar. Nominal yang hanya membuat Beckham nangkring di urutan ke-23.

"Pemasukan Beckham masih tergolong tinggi dibandingkan beberapa pesepak bola yang lebih muda darinya dan berkarir di liga yang lebih elite. Setidaknya, dia masih di atas Carlos Tevez (peringkat ke-39) maupun Frank Lampard (urutan ke-49)," tulis Sports Illustrated. (dns/bas)

Sepuluh Besar Fortune 50

1. Tiger Woods (golf) Rp 568 miliar
2. Phil Mickelson (golf) Rp 546 miliar
3. Roger Federer (tenis) Rp 471 miliar
4. Manny Pacquiao (tinju) Rp 468 miliar
5. Fernando Alonso (Formula 1) Rp 402 miliar
6. LeBron James (basket) Rp 397 miliar
7. Lionel Messi (sepak bola) Rp 390 miliar
8. Cristiano Ronaldo (sepak bola) Rp 346 miliar
9. Peyton Manning (football America) Rp 339 miliar
10. Alex Rodriguez (baseball) Rp 321 miliar

..........TERKAIT..........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...