Senin, 13 Juni 2011

Redakan Penyakit Hati dengan Jus Mentimun‎

MENTIMUN sering dikenal sebagai buah atau sayuran. Buah bernama Latin Cucumis Sativus itu ternyata punya berbagai khasiat untuk kesehatan dan kecantikan.

Jenis labu-labuan ini tumbuh setengah merambat dan merupakan tanaman semusim, di mana setelah berbunga dan berbuah ia akan mati. Keseluruhan buahnya berwarna hijau dan apabila sudah tua akan kekuningan. Ketebalan daging buahnya beraneka ragam, semakin tua, daging buah akan semakin tipis.

Apa sajakah manfaat dari mentimun? Berikut ini beberapa di antaranya:
  1. Sebagai pencegah peradangan yang dapat dimakan mentah atau dimasak.
  2. Memiliki kemampuan diuretic, mendinginkan serta membersihkan.
  3. Membantu mempercepat proses penyembuhan arthritis, paru-paru, perut, dan cacingan.
  4. Jus mentimun dapat meringankan penyakit hati serta lambung. Sehingga untuk penderita maag, dianjurkan untuk mengonsumsi mentimun. Namun mengonsumsi mentimun berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah turun, sehingga dianjurkan untuk makan dalam jumlah yang normal (tidak berlebihan).
  5. Acar mentimun memang lezat, namun sayangnya bila diolah menjadi acar, vitamin dan nutrisi mentimun sudah berkurang jumlahnya.
  6. Untuk membuat mata lebih segar serta menyamarkan noda hitam di lingkaran mata, gunakan mentimun sebagai kompres setiap malam.
  7. Mentimun juga baik untuk kesuburan rambut. Caranya sangat mudah, campurkan dengan wortel, bayam dan selada, jus jadi satu dan minum 3 kali seminggu.
  8. Mentimun mampu melembabkan wajah serta menurunkan tekanan darah tinggi.
Nah, sisipkan potongan mentimun dalam menu sayur Anda untuk kesegaran kulit dan kesehatan tubuh. (kpl/RRN)

..........TERKAIT..........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...