Senin, 13 Juni 2011

Stres di Kantor? Coba Letakkan Tanaman di Meja‎

Anda merasa tertekan dan sering lelah di kantor? Cobalah tips ini: letakkan tanaman di meja kerja Anda di kantor.

Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan tanaman yang ditaruh di meja kerja atau di dalam ruangan baik untuk kesehatan. Tanaman di dalam pot bisa mengurangi kelelahan, stres, sakit kepala, batuk, dan kulit kering.

Penelitian ini dilakukan oleh sejumlah ilmuwan dari Norwegian University of Life Sciences dan Uppsala University, Swedia. Menurut kepala tim penelitian ini, Tina Bringslimark dari Norwegian University, penelitian dilakukan dengan melibatkan 385 pekerja.

Para pekerja diteliti dan diamati jumlah izin tidak masuk kerjanya karena sakit. Mereka lalu ditanya berapa banyak tanaman yang mereka lihat dari meja kerjanya. Hasilnya menunjukkan pekerja yang semakin banyak melihat tanaman dari meja kerjanya semakin jarang tidak masuk kerja karena sakit.

Menurut Bringslimark, tanah untuk menanam tanaman ini memiliki volatile, organisme yang memiliki efek bagi kesehatan. "Secara psikologi, melihat tanaman atau pohon memiliki efek menyegarkan," kata Bringslimark seperti dikutip dari Daily Mail, Minggu 12 Juni 2011.

Adapun menurut penelitian Washington State University, tanaman di dalam kantor sangat bermanfaat, terutama bagi para pekerja yang ruang kerjanya tidak menghadap ke jendela.

Dalam penelitian di Washington State University, para pekerja yang di dalam ruang kerjanya ada tanaman juga lebih produktif dan lebih cepat bereaksi. Mereka juga tidak stres dan memiliki tekanan darah yang lebih rendah. "Ini membuktikan, tanaman bisa menurunkan kadar stres," kata Virginia Lohr, kepala penelitian ini.

POERNOMO GR

..........TERKAIT..........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...