Sabtu, 18 Juni 2011

UNDUH NOVEL ATHEIS

Sinopsis

Roman Atheis adalah karya terpenting Achdiat K. Mihardja yang begitu kaya akan detail situasi, menceritakan tentang pergeseran nilai dalam masyarakat yang terus berubah dan efeknya bagi pribadi-pribadi yang terlibat.

Sebuah karya yang perlu untuk dibaca kembali oleh generasi muda masa kini. Selain melestarikan karya salah satu maestro sastra bangsa ini, roman ini juga tepat untuk menunjukkan contoh betapa berbahayanya lingkungan bagi mereka yang tidak berhati-hati dalam memahami kehidupan.

Novel Atheis ini mengambil setting situasi sekitar tahun 1940-1942 di kota Bandung dan sekitarnya.

Rd. Hasan, pegawai gemeente Bandung, adalah seorang pemuda shaleh yang dididik teguh berpegang pada Islam. Perjumpaannya kembali dengan Rusli, teman masa kecilnya, membawa Hasan kepada suatu ideologi baru yang bertolak belakang dengan apa yang dipelajarinya selama ini, Atheis.


Pertemanan yang rapat dengan Rusli itu akhirnya menggeser nilai-nilai hidup yang diimaninya selama ini. Terutama sebab hatinya tertawan oleh Kartini, saudari angkat Rusli yang termasuk wanita progresif di zamannya. Keterlibatan Hasan dengan isme baru ini makin dalam dengan seringnya dia mengikuti diskusi-diskusi bersama Rusli dan Kartini. Pergaulannya dengan kawan-kawan senior dalam diskusi tersebut makin menggeser nilai hidup yang dianutnya. Di antaranya Anwar, seorang putra bupati, yang menjadi manusia yang hidup hanya untuk dirinya sendiri tanpa mempedulikan orang lain.

Kedatangan Anwar, seorang kawan 'seiman' Rusli, membawa cerita lain dalam hubungan Hasan dengan orang tuanya. Protes Anwar atas Hasan yang menyertai ayah-bundanya bersembahyang dengan menganggap Hasan munafik dan tidak berpendirian, mengakibatkan Hasan terpancing untuk menyatakan sikap hidup anyarnya kepada ayah-ibunya. Dapat dibayangkan betapa kecewanya kedua orang-tua Hasan yang telah mendidiknya. Dan berawal dari sini pula kebimbangan hati Hasan akan ideologi barunya timbul.

Tidak hanya sampai di situ, kemunculan Anwar juga membuat rumah tangga Hasan dan Kartini, yang telah menjadi suami istri, goyah. Sifat Anwar yang mata keranjang dan jelas-jelas menunjukkan ketertarikannya pada Kartini membuat Hasan cemburu. Kecemburuan yang menimbulkan pertengkaran hebat antara Hasan dan Kartini. Pertengkaran yang membuat Kartini memutuskan lari menghindar sesaat untuk meredakan amarah Hasan. Namun dalam pelariannya tersebut, Kartini malah hampir menjadi korban nafsu binatang Anwar di sebuah hotel.

Kemudian, peristiwa tersebut akhirnya di ketahui Hasan secara tidak sengaja. Api cemburu dan kemarahan yang memuncak membuat Hasan menjadi mata gelap. Di tengah bunyi sirene bahaya udara yang berkumandang Hasan tetap berlari. Kenpetai pun menembak dan menangkapnya dengan tuduhan mata-mata. Tubuhnya yang menderita TBC pun tidak kuat menahan siksa polisi pendudukan Jepang. Hasan meninggal dunia sambil membawa serta kebimbangannya akan ketidakberadaan Tuhan yang dia percayai ada.

Unduh novelnya di sini.

..........TERKAIT..........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...