Selasa, 21 Juni 2011

Pemilik Tato Gambar Tokoh Kriminal Lebih Rentan Bunuh Diri

Sydney, Sebelum membuat tato, pertimbangkan dengan matang gambar apa yang akan dirajah di kulit. Menurut penelitian, pemilik tato bergambar tokoh kriminal punya kecenderungan lebih besar untuk bunuh diri atau mengalami kematian yang traumatik.

Fakta ini terungkap dalam sebuah penelitian di University of Adelaide. Dari hasil otopsi dan pemeriksaan forensik terhadap sejumlah kasus bunuh diri di Australia, pemilik tato bergambar wajah Ned Kelly punya kecenderungan bunuh diri 2,7 kali lipat dari rata-rata.


Ned Kelly merupakan tokoh kriminal legendaris asal Australia yang hidup di abad ke-19. Semasa hidup, Kelly yang dijuluki Robin Hood asal Australia sering merampok bank bersama komplotannya sebelum akhirnya tertangkap dan dijatuhi hukuman mati pada November 1880.

Kecenderungan lain yang teramati pada pelaku bunuh diri yang memiliki tato bergambar wajah tokoh kriminal khususnya Ned Kelly adalah, korban rata-rata berusia 37 tahun. Rentang usianya antara 20 hingga 67 tahun dan seluruhnya berjenis kelamin laki-laki.

"Meski sampel dalam penelitian ini sudah dipilih dengan sangat baik, orang-orang dengan tato Ned Kelly tetap memiliki kecenderungan bunuh diri yang lebih tinggi dibandingkan rata-rata," ungkap Prof Roger Byard seperti dikutip dari Medindia, Senin (20/6/2011).

Bukan cuma bunuh diri, kecenderungan untuk mengalami kematian yang traumatik juga tercatat lebih tinggi yakni 7,7 kali lipat. Kematian traumatik yang dimaksud meliputi kematian-kematian yang tidak wajar, contohnya menjadi korban pembunuhan.

Menurut Prof Byard, temuan ini menguatkan dugaan bahwa tato sebagai hiasan tubuh bisa menjadi sinyal komunikasi yang kuat dan jujur. Nilai-nilai hidup seseorang beserta afiliasi sosial atau lingkungan pergaulannya bisa diperkirakan berdasarkan gambar yang dirajah di kulitnya.

Temuan ini telah dipublikasikan dalam Journal of Forensic and Legal Medicine edisi terbaru.

..........TERKAIT..........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...