Senin, 13 Juni 2011

Gusi Selalu Berdarah Saat Berkumur‎

Dok, kurang lebih 1 tahun terakhir gusi saya selalu berdarah saat kumur. Saya sudah konsultasi ke dokter gigi sampai dengan rontgen gigi, kemudian membersihkan karang gigi tiap 3 bulan. Tapi tetap saja masih pendarahan pada gusi saya, mohon petunjuk. Terimakasih.

Hasan (Pria Menikah, 35 Tahun), fadhelhasan@yahoo.com
Tinggi Badan 168 Cm dan Berat Badan 68 Kg

Jawaban

Anjuran saya, coba Bapak konsultasikan ke dokter gigi lain (second opinion) untuk melihat apakah saat di-rontgen foto Bapak ada crown atau tambalan lama yang sudah jelek. Karena, tambalan atau crown yang sudah jelek atau lama dapat menyebabkan peradangan gusi, sehingga setiap kali Bapak berkumur tetap keluar darah.

Kemungkinan lain, coba Bapak mengubah cara sikat gigi dan kebiasaan jelek seperti menusuk gusi dengan menggunakan tusuk gigi karena bila salah menyikat gigi atau menggunakan tusuk gigi dapat menyebabkan peradangan gusi yang pada akhirnya dapat menyebabkan perdarahan setiap kali berkumur.

Drg. Andrew C. Luwuk, Sp.KG (Endodontist)
Dokter Spesialis Konservasi Gigi. Praktik di Rumah Sakit Puri Indah Jl Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.

..........TERKAIT..........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...