Selasa, 28 Juni 2011

Polisi Lebanon Pernah Publikasikan Peralatan Spionase Israel

Pada Mei 2009, polisi Lebanon pernah mempublikasikan berbagai peralatan spionase Israel yang digunakan untuk memata-matai kelompok pejuang Hizbullah di gedung markas besar kepolisian Libanon.

Dalam keterangan persnya kala itu, mereka juga menunjukkan berbagai peta dan gambar-gambar yang menunjukkan letak pos-pos militer Libanon yang menjadi target serangan pasukan Israel dalam perang melawan Hizbullah tahun 2006 lalu.

Polisi Lebanon menyatakan, peralatan dan peta-peta tersebut mereka temukan setelah melakukan operasi penangkapan terhadap warga lokal yang dicurigai sebagai mata-mata yang direkrut Israel. Dalam satu bulan, operasi penangkapan yang dilakukan atas kerjasama antara aparat intelijen Hizbullah, Direktorat Intelijen Militer Libanon dan Pasukan Keamanan Internal (ISF) itu, mengklaim berhasil menangkap 14 orang warga Libanon dan Palestina yang dicurigai bekerja untuk Mossad-badan intelijen Israel-sebagai mata-mata.

Penangkapan paling banyak di lakukan di kawasan selatan Libanon yang menjadi basis Hizbullah. "Berdasarkan hasil investigasi diketahui bahwa basis misi logistik mereka difokuskan pada memberikan informasi tentang lokasi-lokasi, gedung-gedung, pos-pos militer dan target-target sesuai permintaan pihak intelijen musuh (Israel)," kata seorang pejabat kepolisian Libanon sambil menunjukkan berbagai peralatan spionase yang digunakan.

Warga lokal yang sudah direkrut menjadi mata-mata oleh Israel juga ditugaskan memonitor orang-orang tertentu dan target-target khusus, serta melakukan pemantauan di wilayah yang cakupannya cukup luas di Lebanon dan Suriah dengan menggunakan peralatan pemantau yang cukup canggih.

Peralatan-peralatan spionase itu, kata polisi Libanon, diberikan oleh Israel kepada para mata-matanya yang harus menyampaikan informasi lewat "kode-kode pesan radio" lewat fasilitas internet atau satelit.


Uniknya, aparat kepolisian Lebanon dalam keterangan pers itu, menolak menjawab pertanyaan yang diajukan para wartawan seputar hasil temuan dan operasi penangkapan yang mereka lakukan. (ln/Ynet/Al-Manar)

..........TERKAIT..........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...