Rabu, 26 Januari 2011

Kata Siapa Toleransi Antarumat Beragama Mustahil Diwujudkan?

REPUBLIKA.CO.ID, TENNESSEE--Toleransi beragama di Tennessee, Memphis, AS tengah bergeliat. Kehadiran komunitas Muslim di kota tersebut disambut hangat oleh mereka yang menganut Nasrani. Buktinya, Ketiadaan masjid tak membuat umat Muslim shalat di trotoar jalan pada hari Jumat. Beberapa gereja besar di sana, mengikhlaskan aulanya digunakan sebagai tempat shalat Jumat.

Gereja-gereja yang tergabung dalam Christ United Methodist Church merupakan pihak yang paling getol menggalakkan toleransi di antara jamaah mereka. Gereja Heartsong di Cordova, Tennessee, misalnya, ditunjuk sebagai masjid darurat bagi kegiatan Ramadan karena Islamic Center tengah diperbaiki. Hal yang sama juga dilakukan Aldersgate, gereja Methodist Amerika di Arlington, Virginia, di mana jamaah Islam disambut untuk menggunakan ruang gereja untuk shalat Jumat selama beberapa bulan.


Seperti dikutip Christian Today, Jum'at (7/1), Muslim-Kristen di kawasan itu juga kerap melakukan kegiatan sosial bersama. Misalnya saja, membantu kaum papa saat Natal bulan lalu. Mereka juga beberapa kali bertamasya bersama.

Meski demikian, ada pula protes dari sebagian kecil warga Kristen yang menilai keakraban itu salah kaprah.

..........TERKAIT..........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...