Selasa, 25 Januari 2011

MENYINGKAP LIMA MITOS KECANTIKAN

Penulis: Yulia Permata Sari

SELAMA ini, Anda mungkin sering mendengar berbagai mitos seputar kecantikan. Misalnya, pasta gigi dapat menyembuhkan jerawat, atau mencukur bulu bisa membuatnya tumbuh kian lebat. Tapi, seberapa jauh tingkat kebenaran mitos-mitos tersebut?

Berikut ini adalah sejumlah mitos yang sering beredar soal kecantikan, dan tingkat benar atau salahnya:

Ganti shampo tiga bulan sekali


Sebagian orang menyarankan untuk mengganti shampo setiap tiga bulan sekali. Jika Anda menemui masalah kulit kepala seperti ketombe atau minyak berlebih, mengganti shampo berbeda mungkin diperlukan, kata Elizabeth Cunnane, seorang pakar rambut di Philip Kingsley Hair Clinic di New York City.

Tapi, orang tidak bisa menjadi kebal terhadap shampo. Jadi, jika Anda menyukai merek shampo sekarang, tak perlu menggantinya.

Pasta gigi menyembuhkan jerawat

Sebagian besar dokter tidak terlalu menyukai gagasan ini. Kebanyakan produk pasta gigi mengandung penyebab iritasi seperti zat pemutih. Tapi, mengoleskan pasta gigi ke atas jerawat memang membantu menyembuhkannya. Pastikan saja Anda memilih formula polos tanpa tambahan zat pemutih.

Yang lebih baik lagi, coba mengobati jerawat dengan asam salisilat, seperti anjuran dokter kulit Kenneth Beer, M.D., dari West Palm Beach, Florida.

Menyilangkan kaki menyebabkan varises

Menyilangkan kaki tidak akan menyebabkan varises. Menurut dokter kulit Ranella Hirsch dari Boston, sejumlah faktor yang bisa menyebabkannya adalah kehamilan, merokok, berdiri terlalu lama, atau mengonsumsi pil KB. Apalagi, jika Anda secara genetik memiliki kecenderungan untuk menderita varises.

Untuk mencegah timbulnya varises, biasakan mengangkat kaki saat menonton televisi, berolah raga, dan mengonsumsi makanan sehat. Pendek kata, apa yang baik bagi jantung, baik pula untuk kulit.

Mencukur bulu membuatnya tumbuh lebih lebat

Bagi Anda yang terbiasa mencukur bulu kaki atau ketiak dengan pisau cukur, barangkali sering menemukan bahwa bulu yang tumbuh setelah itu tampak lebih lebat daripada sebelumnya. Padahal, sesungguhnya tidak demikian.

Bulu tidak tumbuh lebih lebat. Tapi, mencukur bulu membuat penampangnya terlihat lebih tebal, sehingga seolah-olah bulu tumbuh lebih lebat, jelas dokter kulit Jeanine Downie dari Montclair, New Jersey. Sebaliknya, waxing mencabut bulu hingga ke akar, sehingga membuatnya tampak tumbuh lebih halus.

Mencium banyak aroma bikin hidung tidak sensitif

Saat berbelanja parfum, jangan mencoba lebih dari tiga wewangian berturut-turut. Pasalnya, hal itu bisa menumpulkan indera penciuman Anda. (LI/OL-06)

http://www.mediaindonesia.com/

..........TERKAIT..........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...